27 Februari 2014

Benarkah Jumlah Badak Jawa di TNUK Bertambah?

Benarkah Jumlah Badak Jawa di TNUK Bertambah? Hal ini masih di ragukan, belum anda bukti autentik yang mengatakan Jumlah Badak bercula satu di Taman Nasional Ujungkulon Bertambah. Bertambah atau yang ada selama ini belum terdetetksi atau tidak tersensus, Aneh sekali ya? kalau bertambah berarti ada yang berkembang biak, berarti kita pantas memberikan apresiasi kepada pengurus TNUK tapi kalau Badak yang selama ini tidak tersensus, kemana saja mereka ya? Aneh, baru nemu sekarang kok kayak sebuah prestasi yang di gembor-gemborkan.



"Dari gambar video diidentifikasi untuk memperoleh data yang akurat," ujar Kepala Balai TNUK, Agus Priambudi, Jumat (30/12).

Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) mengumumkan bahwa jumlah populasi badak jawa bercula satu tidak sampai 50 ekor. Berdasarkan data yang dimiliki TNUK, populasi badak bercula satu tinggal 35 ekor. Jumlah tersebut terdiri atas 22 ekor badak jawa jantan, dan 13 badak jawa betina.

Agus mengatakan selama sembilan bulan melakukan pendataan, pihaknya memperoleh 427 klip video badak jawa yang didapat dari habitat alaminya. Selain itu, petugas juga menemukan empat ekor anak badak jawa, yang terdiri atas tiga ekor jantan dan satu ekor betina.

"Pendataan dilakukan sejak Februari hingga November 2011," katanya.

Data ini didapat dari pendataan yang dilakukan oleh petugas TNUK. Metode yang dilakukan adalah dengan cara pengambilan gambar video trap melalui kamera khusus infra merah yang di tempatkan di beberapa titik di Kawasan TNUK, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Dari video yang didapat, lanjut Agus, video itu masing-masing diidentifikasi morfologi tubuhnya seperti bentuk telinga, bentuk cula, ekor, lipatan leher serta ciri khusus fisik dari tiap-tiap individu