22 November 2013

Horee, Batik Sudah di Akui UNESCO sebagai Warisan Dunia

Horee, Batik Sudah di Akui UNESCO sebagai Warisan Dunia, berbicara tentang batik tidak lepas dari busana tradisional yang yang di gunakan oleh orang tua jaman dahulu untuk pakaian sehari-hari. Seiring perkembangan jaman, batik ber evolusi menjadi pakaian exclusif, sekarang pakaian batik digunakan untuk acara-acara resmi dan menjadi salah satu pakaian Nasional di Indonesia, tidak sedikit perusahaan yang mewajibkan karyawannya untuk mengenakan batik minimal 1 kali dalam seminggu. Dan pada akhirnya, para pengrajin batik mendapatkan hasil yang semakin baik pula.

Batik adalah suatu karya seni yang sangat ini, batik tulis di lukis dengan menggunakan cantik seperti melukis sebuah lukisan pada kertas atau kanvas, yang membedakan adalah lukisan pada kain batik meresap dan tentu saja kainnya sangat halus, karena kain dan motifnya yang sangat bagus maka di batik tulis kalau di pakai sangat enak dan tahan lama. Batik tulis di lukis sedemikian rupa sehingga batik tulis tidak ada yang sama persis (semuanya unik) hal inilaha yang membuat batik tulis menjadi salah satu favorit untuk di buru oleh para pecinta batik.

Di nusantara kita ini,sebenarnya sangat banyak pengrajin batik tapi yang terbesar masih di pulau jawa, seperti Cirebon, pekalongan, Solo (atau batik Jawa), Madura, Kudus, Banyumas, Jepara dan lain-lain. Semuanya memiliki ciri khas tersendiri, untuk yang ahli dalam batik sekali lihat dari motifnya saja, mereka sudah Paham batik tersebut berasal dari daerah mana. Karena para pengrajin batik di Nusantara ini memiliki ciri khas masing-masing.

Masa depan batik ke depan akan semakin baik, seiring telah di tetapkannya batik sebagai salah salah satu warisan Dunia oleh UNESCO dan semakin seringnya para designer Indonesia tampil pada upacara fashion show dengan menggunakan busana batik sebagai bahan pamerannya, seperti baru-baru ini, diadakan acara Fashion Show batik Indonesia di Roma Oleh Ghea Panggabean, Sangat membanggakan bukan?

Oleh karena hal di atas, permintaan akan batik dengan kwalitas terbaikpun semakin meningkat, pada masa sekarang sangat banyak para pedagang yang menggunakan Toko Online untuk menjual batik hasil produksi mereka, tentu saja agar mereka dapat menjangkau para pelanggan mereka dari luar kota ataupun mancangara. Persainganpun semakin ketat, dan mudah-mudahan para pengrajin batik tetap mempertahankan kwalitas terbaik mereka agar pelanggan mereka tidak lari. Sebab, batik tidak melulu berasal dari Indonesia, bahkan batik yang berasal dari China sangat banyak yang beredar di Pasar Indonesia. Toko Online sangat praktis dalam menjangkau pelanggan yang berasal dari luar kota.

Saran penulis bagi pengrajin batik, agar tetap mempertahankan kwalitas terbaik mereka dan tentu saja dengan harga yangs sesuai.

Tidak ada komentar: