07 September 2013

Kemenyan Sumatera Utara

Kemenyan Sumatera Utara adalah salah satu kemenyan dengan kwalitas tinggi, sehinga kemenyan dari daerah ini selalu di cari dan sampai sekarang petani kemenyan masih bertanam dan berkebun kemenyan, tetapi hal ini tidak di barengi dengan harganya, harga kemenyan sekarang ini masih sangat murah jika di bandingkan dengan harga kebutuhan pokok lainnya. Harga kemenyan seakan-akan jalan di tempat, sementara harga kebutuhan pokok selalu naik.

Harga kemenyan, Kemenyan banyak terdapat di Sumatera Utara, di daerah Tarutung, Dolok Sanggul, Sidikalang, harga kemenyan yang semakin tahun semakin murah, sehingga membuat petani kemenyan mulai beralih ke tanaman holtikultura lainnya, seperti Kopi, cabe, Tomat, sayur-sayuran. Di samping perawatan kemenyan yang lumayan susah, cara perawatan kemenyan hampir sama dengan karet, tetapi hasil yang di harapkan jauh dari harapan.

Kalau di lihat dari kenaikan harga-harga kebutuhan pokok dan perkembangan jaman, seharusnya, kemenyan yang kualitas terbaik harganya Rp. 450.000 s/d 550.000, hal ini bisa di bandingkan dengan harga kebutuhan pokok lainnya, atau harga pupuk yang semakin mahal. Biasanya, hasil panen kemenyan di gunakan petani kemenyan untuk membeli pupuk, dan pupuk yang telah di beli digunakan untuk tanaman sawah atau tanaman lainnya.


Harga kemenyan yang tidak sesuai dengan kenaikan barang-barang lainnya, mengakibatkan para petani kemenyan mulai meninggalkan tanaman ini, tanaman kemenyan sebenarnya adalah tumbuhan tahunan, atau tanaman kemenyan hanya bisa di panen sekali setahun saja. Para Petani kemenyan biasanya menginap atau bermalam di hutan 1 seminggu atau 2 minggu atau bisa sampai 1 bulan, untuk mengurus kemenyan, menyiangi, membuang benalu, membersihkan pohon atau batangnya.

Hal ini yang telah luput dari perhatian pemerintah, sehingga petani kemenyan tidak pernah merasa hidup mereka tidak pernah merasa lebih baik. Seharusnya, pemerintah daerah terutama DPRD memperhatikan harga kemenyan dan bisa dengan kelebihan hak-hak yang mereka miliki, bisa mem veto harga kemenyan, kenapa bisa begitu, seperti yang kita tahu, kemenyan adalah tanaman uniik tidak banyak daerah atau belahan dunia ini yang bisa di tanam dengan kemenyan, sehingga para peminat kemenyan dapat memberikan sebagian ke untungan yang telah mereka dapatkan ke petani kemenyan yang telah bersusah payah untuk mengurus pohon kemenyan.

Tidak ada komentar: