Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beragam Tanaman Di TNUK

Di Taman Nasional Ujungkulon (TNUK) terdapat ratusan tanaman yang sangat berguna, TNUK  kaya dengan ekosistem, dan kebanyakan dari tanaman itu amat sangat berguna bagi manusia. Penduduk di daerah TNUK terbiasa menanam tanaman yang bermamfaat, seperti Jambu biji, mereka paham betul mamfaat daun jambu biji. Taman Nasional Ujungkulon adalah salah satu taman terbesar di Indonesia, karena di daerah tersebut berdiam atau adalah habitat Badak Jawa, Badak Jawa hampir punah sehingga Taman ini dibuat sebagai penangkaran hewan langka tersebut. Badak Jawa hidup berdampingan dengan banteng jawa liar, tetapi taman nasional ujungkulon di dominasi oleh banteng jawa, karena badak jawa pemalu selalu menghindari kontak bahkan dengan sesama hewan sekalipun.


Barangkali masih banyak Masayarakat Kita yang belum tahu mamfaat daun jambu biji, Jambu biji atau psidium guajava, tanaman ini berasal dari Amerika latin atau Brazil dan tidak ada yang tau pasti kapan pertama kali sampai ke Indonesia, menurut sumber wikipedia jambu biji di bawa ke Indonesia melalui Thailand.

Sekarang ini Jambu Biji bagai tanaman rumahan, sangat banyak penduduk Indonesia yang menanam jambu biji di pekarangan rumah sebagai hiasan maupun untuk memamfaatkan buah sebagai makanan. Tetapi tahukah Anda bahwa mamfaat daun Jambu biji?. Buah Jambu biji banyak mengandung Vitamin C, sehingga cocok untuk kesehatan tubuh. Jambu Biji banyak digunakan untuk Jus Jambu karena rasanya yang enak dan mengandung Vitamin C. Hampir di setiap Kantin perkantoran menyediakan Jus Jambu Biji.

Daun Jambu Biji bisa juga di mamfaatkan untuk mengurangi atau mengobati sakit diare, caranya pun sangat mudah, Petik daun yang masih muda (pucuk) dan tentunya harus di bersihkan agar kotoran yang menempel terbuang, kemudian tambah dengan sedikit garam, agar rasanya lebih gurih, karena rasa daun jambu biji sedikit sepet, di kunyah seperti makan lalapan sayur. Atau Daun yang masih muda di rebus dengan air 2 gelas, kemudian air rebusan di sisakan sampai 1 gelas, air rebusan di minum.

Zaman sekarang menggunakan cara tradisional ini mungkin sedikit aneh, tetapi hal ini penting kalau sewaktu-waktu anda bepergian keluar kota atau naik gunung, tidak ada apotik yang bisa ditemukan, atau kalau anda lebih menyukai obat alamiah yang baik bagi kesehatan tanpa efek samping.

Cara Pengobatan diare ala Daun jambu biji sudah banyak terbukti kemurajabannya, jadi tidak ada salahnya untuk mencobanya atau keraguan akan hal itu. Tetapi, Jika Sakit berlanjut, jangan hubungi sayah.......hubungi Dokter, Bidan, Mantri terdekat. Tanaman lain yang cocok di tanama di pekarangan rumah adalah lidah buaya, tanaman kunyit. Semoga Bermamfaat.