Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blogspot dengan custom domain co.cc

Mengawinkan Blogspot dengan dot Co.cc

Atas pertanyaan rekan-rekan blogger yang menghubungi saya via email maupun mengirim pesan pribadi via account Facebook saya, pada postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman dalam merubah domain blog berbasis Blogger dari domain standard / default dengan domain gratis dari dot co.cc
Perlu saya jelaskan sebelumnya bahwa tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya sendiri. Bila isi artikel ini ada yang mirip atau serupa tapi tak sama dengan postingan blogger lain hal itu hanyalah suatu kebetulan saja. Karena saya juga tahu sudah banyak sekali blogger yang mengulas tentang cara merubah domain blogspot dengan dot co.cc
Baiklah, saya tidak akan berpanjang lebar, langsung saja pada pokok bahasannya.



Cara Setting Domain co.cc
Dalam tulisan ini saya tidak akan membahas bagaimana cara mendapatkan domain dot co.cc, saya anggap anda sudah mendapatkan sebuah domain gratis dari dot co.cc. Jika belum, anda bisa mendaftarkan diri untuk menjadi user dengan mengklik logo di bawah in



Langkah pertama setelah anda memiliki doman.co.cc adalah men-set up zone record domain anda dengan cara sederhana sebagai berikut:
  1. Login ke User Account anda dengan mengetik email yang anda daftarkan dan password anda
  2. Setelah masuk klik saja Manage Domain pada Side bar halaman dashboard lalu klik nama domain anda yang tertera pada box pilihan My Domain yang terletak di bawahnya. Kemudian klik tombol Zone Record.
  3. Pada kotak Zone Record ketik nama domain anda di depan kotak bertuliskan Host misalnya dengan www.domaingue.co.cc, lalu pada kotak TTL pilih 1D, pada kotak pilihan Type pilih CNAME dan pada kotak pilihan VALUE  ketik ghs.google.com setelah itu klik Set Up lalu log out dan tunggu hingga 2 hari atau 48 jam kemudian.
Cara Merubah Setingan Domain Blogspot
Sekarang anda harus  merubah setingan blog anda melalui Dash board Blogger dengan cara:
    • Log In ke account Blogger anda
    • Setelah masuk di halaman Dash board klik tombol Setting, lalu klik Publishing dan klik Custom Domain
    • Langkah berikutnya klik Switch to Advanced Settings lalu ketik nama domain dot co.cc anda pada kotak isian di depan tulisan Your Domain lalu klik Save Setting. Bila semuanya dilakukan dengan benar, maka seketika itu juga muncul ucapan selamat dari Blogspot yang berbunyi: Congratulations, your blog is ready!
    Catatan:
    • Penggantian domain blog dari default domain ke custom domain sebaiknya anda lakukan pada blog sekunder atau blog baru anda. Saya tidak menyarankan anda mengganti domain bila blog anda sudah terindex oleh Google dengan sangat baik dan/atau memiliki back link yang cukup banyak.Kenapa? Karena pergantian domain blog selain ada baiknya tapi juga resikonya. Kebaikannya antara lain karena domain dot co.cc sudah terbukti cukup SEO friendly dan cukup singkat sehingga mudah dihafal dan tentu saja mudah pula untuk diketik. Resikonya: blog anda untuk sementara tidak akan terindex oleh search engine manapun termasuk mbah Google dan Yahoo Search.
    • Bila anda tak peduli dengan resiko tersebut di atas maka bersiaplah untuk berjuang agar blog anda dapat kembali terindex dengan baik oleh mbah Google dimulai dari angka O besar seperti apa yang saya lakukan dengan blog Ekowisata Ujungkulon ini.
    • Jangan lupa back up dulu blog roll anda sebab blog roll akan terhapus secara otomatis setelah blog kita berganti domain.
    • Beritahu juga semua blogger yang bertukar link dengan anda untuk segera mengedit URL blog anda pada halaman atau widgetLink List nya
    • Anda juga harus mengedit kode html menu navigasi template blog anda sesuai dengan domain baru anda
    • Soal traffic sebenarya tak perlu terlalu anda khawatirkan karena Blogspot secara automatic akan meredirect semua tautan yang mengarah ke URL lama blog anda menuju URL yang baru. Meskipun begitu anda tetap wajib mengedit URL blog anda pada blog directory, portal, social bookmark dan lain-lain. Ribet juga memang..
    Bagaimana dengan nasib blog Ekowisata Ujungkulon ini setelah berganti domain?
    Hari pertama: jeblok alias sama sekali tidak terindex Google biarpun dengan mengetik nama domain pada kotak pencariannya. Hasil pencarian Google dengan kata kunci "ekowisata ujungkulon" semuanya mengarah ke domain lama.
    Setelah melakukan gerilya siang malam, pada hari ketiga akhirnya alhamdulilah blog Ekowisata Ujungkulon dengan domain www.ekowisata.co.cc telah terindex oleh mbah Google. Padahal waktu itu saya baru memposting 2 artikel saja sejak berganti domain.
    Nah, begitulah tips untuk anda yang sekarang masih ragu-ragu untuk berganti domain blogspot anda dengan dot co.cc
    Tulisan ini saya buat sebagai ungkapan terimakasih saya kepada Blogspot dan penyedia layanan Domain Gratis co.cc Harapan saya semoga apa yang saya paparkan di sini dapat bermanfaat bagi anda khususnya blogger pemula yang ingin mengawinkan Blogspot dengan dot co.cc

    Ketik email anda:,


    Delivered by FeedBurner

    8 komentar untuk "Blogspot dengan custom domain co.cc"

    ADMIN 8 Mei 2010 pukul 17.17 Hapus Komentar
    Aku juga pernah kawinkan dengan Blog dan Co.cc domain yang lama blogspot.com dalam hal ini bukan diganti tapi tidak diaktifkan kemudian Co.cc yang diaktifkan keduanya sama-sama terindeks oleh google padahal blogspot tidak aktif sama diberi PR 2
    BUDIANTO.COM 11 Juli 2010 pukul 07.14 Hapus Komentar
    tanya kang ...gimana caranya kawinkan wordpress dengan co.cc
    BUDIANTO.COM 11 Juli 2010 pukul 07.15 Hapus Komentar
    kang tanya ? gimana caranya ubah domain wordpress jadi cocc...di tunggu jawabannya ...
    Freelancer 11 Juli 2010 pukul 22.35 Hapus Komentar
    Terus terang saya sendiri belum pernah mencoba menggunakan domain co.cc untuk blog berplatform wordpress. Setahu saya kita hanya bisa menerapkan custom domain pada blog wordpress dengan hosting berbayar (paid hosting)seperti yang dijelaskan di halaman Support Wordpress:
    Q: What is domain mapping?
    A: This is where your blog is here at wordpress.com but it looks like it is somewhere else – on another domain. This is a paid upgrade.
    mz rahmat 30 Agustus 2010 pukul 02.34 Hapus Komentar
    kang punya saya dah lama ganti dot co.cc tapi ga terindex ma google knpa ya?
    saya mengunakan search site:rahmatcahboemen.co.cc di www.rahmatcahboemen.co.cc ko ga terindex ya?
    Freelancer 31 Agustus 2010 pukul 12.25 Hapus Komentar
    @Rahmat.kbm: Udah pernah submit URL ke searh engine apa belum mas? Daftar aja dulu ke Google,Yahoo Search dan MSN Search (Bing). Saya lihat blog anda juga nggak ada meta tag dan meta discriprion nya.
    Anonim 20 Desember 2010 pukul 11.56 Hapus Komentar
    mas,saya sudah coba mengeksport blog saya ke co.cc
    tapisudah satu minggu ga muncul-muncul di co.cc. tulisan begini bang

    "Blog yang biasanya ada di sini saat ini berada di http://www.rickooz.co.cc/.
    Apakah Anda ingin dialihkan?

    Blog ini tidak di-host oleh Blogger dan belum diperiksa untuk spam, virus dan bentuk malware lainnya"

    ini maksudnya apa bang???? mohon penjelasanya.... trimsssss
    Freelancer 27 Desember 2010 pukul 11.25 Hapus Komentar
    @Yang punya rickooz.co.cc: coba periksa lagi pengaturan domain di dashboard domain co.cc. Pastikan semuanya telah disettup dengan benar dan tunggu beberapa hari ke depan