Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PANDUAN, TIPS DAN TRIK UNTUK PENGUNJUNG TN. UJUNGKULON

Tulisan ini saya tujukan untuk anda yang membutuhkan informasi dan panduan untuk berkunjung ke TN. Ujungkulon dengan biaya relative murah.
Informasi yang saya sampaikan di sini adalah data terkini yang saya temukan sendiri di lapangan, sedangkan tips dan trik yang akan saya berikan adalah berdasarkan pengalaman saya sebagai “pemandu” yang pernah bermukim di desa Tamanjaya sejak tahun 1994 hingga akhir tahun 2002.

PANDUAN ROUTE PERJALANAN KENDARAAN UMUM

Cara termurah menempuh TN. Ujungkulon dengan kendaraan umum adalah melalui desa Tamanjaya dengan rute trayek sebagai berikut:< 1. Jakarta (Pulogadung/Kalideres/Tanjung Priuk/Kampung Rambutan) – Serang – Tamanjaya
Rute ini lebih lancar dan lebih nyaman karena tersedia bis patas AC dan Patas Non AC jurusan Jakarta – Serang – Cilegon - Merak yang semuanya langsung lewat jalan tol kecuali bis dari terminal Kalideres yang baru masuk tol di Kebon Nanas Tangerang. Ongkos bis Patas AC Jakarta – Serang berkisar antara Rp. 20.000 – Rp. 22.000/orang. Dalam kondisi normal lama perjalanan dari Jakarta ke Serang hanya memakan waktu sekitar 2 jam, tapi bila terjebak macet bisa molor sampai 3 – 4 jam.
Anda harus sudah sampai di terminal Serang sebelum jam 11.00 karena minibus terakhir jurusan Serang – Labuan - Tamanjaya berangkat dari terminal Pakupatan Serang sebelum jam 11.00 siang dan hanya ada 1 atau 2 minibus yang melayani ini setiap harinya dengan ongkos Rp. 35.000 / orang. Waktu tempuh dari Serang ke Tamanjaya sekitar 4 - 5 jam kecuali bila ada kemacetan lalu lintas.



2. Jakarta (Kalideres/Tanjung Priuk/Kampung Rambutan) – Labuan – Tamanjaya
Tidak ada bis AC yang melayani trayek Jakarta – Labuan dan minibus terakhir yang langsung menuju Tamanjaya dari terminal bis Labuan biasanya berangkat sekitar jam 12.00 – 13.00. Jadi anda harus memulai perjalanan sedini mungkin dari Jakarta agar tidak terlambat sampai di terminal Labuan. Ongkos bis ekonomi dengan trayek Jakarta – Labuan normalnya Rp. 15.000 saja, tapi bila barang bawaan anda banyak atau besar biasanya kondektur bis meminta ongkos lebih.

3. Jakarta (Kalideres/Tanjung Priuk/Kampung Rambutan) – Labuan – Sumur - Tamanjaya
Rute ini dapat anda tempuh bila anda terlambat sampai di terminal Labuan dan sudah tidak ada lagi minibus jurusan Labuan – Tamanjaya.
Anda masih bisa menjangkau Tamanjaya dengan menumpang minibus jurusan Labuan - Sumur dengan ongkos Rp. 25.000 / orang lalu naik ojek dari pertigaan Sumur ke Tamanjaya dengan ongkos sekitar Rp. 25.000/orang (siang) dan Rp. 50.000/orang pada malam hari (tergantung cuaca dan barang bawaan anda.)

Tips & Trik:
  • Biarpun ongkosnya lebih mahal sedikit, untuk perjalanan Jakarta – Serang lebih baik naik bis Patas AC atau Patas Non AC sebab bis regular biasanya lebih banyak berhenti untuk menaikkan dan menurunkan penumpang di sembarang tempat.
  • Tetap waspada dan perhatikan barang bawaan anda jangan sampai hilang terbawa penumpang lain atau digondol maling yang berpura-pura menjadi penumpang.
  • Ingat, jangan salah naik minibus jurusan Cibaliung atau Sumur di terminal Serang atau Labuan kecuali bila anda terlambat tiba di sana atau bila tidak ada lagi minibus jurusan Tamanjaya.
  • Pandai-pandailah bernegoisasi sebelum naik ojek dan jangan mau dikadalin tukang ojek yang kadang meminta ongkos jauh lebih mahal dari harga normal.
  • Berpura-puralah bahwa anda pernah naik ojek ke Tamanjaya sebelumnya dan bilang saja bahwa anda kenal dekat dengan tokoh pemuda Tamanjaya seperti pak Komar (pemilik homestay Sunda Jaya) atau pak Warca Dinata (guru SD Tamanjaya / Perajin patung badak / Ketua koperasi Gema Umat).
  • Jangan jual nama saya ya soalnya saya ini bukan asli orang Tamanjaya dan tidak semua tukang ojek di Sumur mengenal saya. (Bersambung)


Bagikan

Posting Komentar untuk "PANDUAN, TIPS DAN TRIK UNTUK PENGUNJUNG TN. UJUNGKULON"